Rabu, 08 Agustus 2012

Perawatan kulit wajah berdasarkan jenis kulit

Jenis kulit wajah dikelompokan menjadi 5 :
  • Normal
  • Kombinasi
  • Berminyak
  • Kering 
  • Sensitif
Berbeda jenis kulit berbeda pula perawatan dan make up yang harus dipilih. Berikut cara menentukan jenis kulit anda :
Bersihkan wajah dengan pembersih yang biasa anda gunakan,basuh dengan air kemudian keringkan. Diamkan selama 1-2 jam tanpa menggunakan produk apapun kemudian lihat ciri-ciri sbb :

  1. Jenis Kulit Normal
Ciri - Ciri : Kulit terlihat lembab dan halus,kadar minyak sedikit/sedang,tekstur kenyal,frekuensi dan kadar jerawat hanya sedikit
Perawatan : Cukup gunakan busa pembersih dan pelembab
Pemilihan produk make up : Bisa menggunakan jenis apapun ( asal tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya)

2. Kombinasi

Ciri-ciri : Kulit terlihat mengkilap di daerah T ( Hidung & Kening),namun kering di daerah lain ( pipi dan dagu),mudah timbul komedo di hidung dan jerawat di kening.
Perawatan :
Kulit kombinasi memang cukup unik, berminyak di beberapa area dan kering pada area lain. Biasanya yang paling berminyak adalah daerah T, yang meliputi dahi, hidung dan dagu. Tetapi, di bagian pipi dan di sekitar mata sering terasa kering. Untuk perawatan, sebaiknya gunakan produk yang mengandung zat penyeimbang.

- Pembersih
Saat membersihkan wajah, Anda memiliki kecenderungan untuk membersihkan area wajah yang berminyak saja, karena terasa lengket. Padahal hal itu bisa menimbulkan masalah baru. Untuk sabun pembersih hindari yang diperuntukkanuntuk kulit berjerawat. Buatlah cairan pembersih sederhana sendiri.

Yaitu campurkan 4 cangkir air mendidih dan sabun wajah berkualitas. Aduk sampai sabun mencair. Untuk setiap 2 cangkir campuran sabun, tambahkan 1 sendok makan cuka apel dan 10 tetes minyak esensial, seperti lemon dan lavender.

- Masker
Masker membantu menarik kotoran dari kulit. Tetapi hindari menggunakan masker lumpur yang dicampur dengan air, itu bisa membuat kering kulit kombinasi. Pilihan yang tepat adalah masker alami yang sederhana. Campur mentimun yang sudah dihaluskan dengan gel daun lidah buaya. Tempelkan pada kulit wajah dan leher selama 30 menit kemudian bersihkan dengan air dingin.

- Toner
Menggunakan toner setelah membersihkan wajah memang menimbulkan efek segar pada kulit. Bukan hanya itu, toner juga bisa mengurangi risiko kulit pecah serta minyak pada kulit.

Toner yang paling pas untuk digunakan si kulit kombinasi adalah air mawar. Selain itu Anda bisa membuat ramuan sendiri. Yaitu menggunakan jus mentimun segar. Lalu, khusus pada area yang berminyak tambahkan sedikit cuka, karena bisa membantu menyeimbangkan pH kulit Anda.

- Pelembab
Mencari pelembab yang tepat untuk kulit kombinasi memang sulit. Pelembab yang Anda butuhkan idealnya membuat kulit lembab tetapi tidak memiliki bahan dasar minyak. Saat memilih pelembab perhatikan bahan dasarnya.

Sudah cukup banyak produk yang diciptakan khusus untuk kulit kombinasi, tinggal pilih yang pas untuk Anda. Untuk krim malam, pilih yang mengandung vitamin A dan vitamin C, serta formulanya berbasis air.

Perlu juga diperhatikan:Mencuci wajah terlalu sering tidak akan mengurangi jumlah produksi minyak pada daerah T, tetapi justru membuat bagian kulit yang kering menjadi semakin kering.

Pemilihan produk make up : Gunakan produk untuk semua jenis kulit,perhatikan kadar  pengaplikasiannya.

3. Kering

Ciri-ciri : Wajah terasa kesat dan seperti ditarik,mudah timbul kerut

Perawatan :

  • 1. Kulit kering harus dirawat lebih dari jenis kulit lainnya. Kulit kering perlu pelembab dan pijatan lembut secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengaktifkan kelenjar sebaceous (penghasil sebum).
  • 2. Jangan menyeka wajah jika Anda memiliki kulit kering. Sehabis mencuci muka, lap wajah dengan lembut.
  • 3. Gunakan krim pelembab pada malam hari. Harap dicatat bahwa krim lebih bagus dan dianjurkan untuk kulit kering daripada lotion karena krim memiliki kandungan minyak lebih banyak.
  • 4. Oleskan krim atau minyak bayi setelah mandi. Ini akan membantu mempertahankan kelembaban.
  • 5. Tips kulit cantik di rumah termasuk mengoleskan krim susu di malam hari.
  • 6. Karena kulit kering cenderung keriput, gunakan krim di sekitar mata dan mulut. Kedua area ini merupakan tempat keriput cenderung muncul pertama kali.
  • 7. Ylang ylang, hisop, mawar, cendana, chamomile, dll adalah minyak esensial yang baik untuk mendapatkan kulit kering yang halus.
  • 8. Lakukan exfoliate setidaknya seminggu sekali

Pemilihan produk make up : Pilih produk berbahan dasar minyak untuk menjaga kelembaban

4. Berminyak

Ciri - ciri :
Kulit berminyak ditandai dengan permukaan kulit yang terlihat mengkilat, tebal dan kusam dengan pori-pori kasar. Bila hal ini dibiarkan terus-menerus, maka akan terjadi penyumbatan pada pori-pori kulit dan akan menyebabkan munculnya komedo dan jerawat.

Perawatan :

  • Secara umum, cara merawat kulit berminyak adalah dengan diet yang tinggi protein dan sedikit gula, cairan dan garam yang memang direkomendasikan oleh dokter nagi siapa saja dengan masalah kulit berminyak.
  • Sayuran dan  buah-buahan adalah bagian tak terpisahkan dari cara merawat kuit berminyak, terutama yang banyak mengandung vitamin B2 seperti sayuran segar dan kacang kedelai. Hindari soda, alkohol, gula, cokelat, dan makanan siap saji.
  • Gunakan sabun wajah dan kosmetik dari bahan alami, seperti minyak zaitun, almond, atau alpukat. Jangan menggunakan sabun yang mengandung Alkohol. Menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia terutama alkohol dapat menyebabkan kulit alergi, dehidrasi, dan timbulnya jerawat.
  • Jangan sering membasuh muka dan jangan membasuh nya dengan air panas, tapi gunakan air hangat-hangat kuku. Karena bila membasuh muka dengan air panas, dan intensitasnya terlalu sering, maka itu akan menghilangkan seluruh minyak yang ada di kulit sehingga kulit kita malah menjadi kering. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembatan kulit.
  • Merawat kulit yang berminyak dengan fokus pada kulit yang berminyak saja, jangan emua bagian kulit yang tidak berminyak ikut-ikutan kita beri perawatan kulit berminyak, karena hasil nya tidak akan maksimal.
  • Perhatikan kosmetik yang kita gunakan. Gunakan lah pembersih wajah dengan PH seimbang. Bila berpergian selalu gunakan tisu penyerap kulit berminyak. Gunakan pelembab hanya pada bagian kulita wajah yang berminyak. Produk kosmetik ini harus di konsultasikan dengan dokter atau konsultan kecantikan untuk mendapatkan prduk yang sesuai dengan kulit berminyak anda.

  • Pemilihan produk make up & Skincare : Pilih produk yang berbahan dasar air atau khusus kulit berminyak atau yang menimbulkan efek matte (halus tanpa kilap). Gunakan produk perawatan wajah berbentuk lotion/gel.

    5. Sensitif

    Ciri- Ciri : Kulit sensitif memiliki reaksi cepat terhadap produk tertentu, bahan kimia, cuaca panas, atau kondisi lingkungan. Merawat kulit sensitif tidak bisa sembarangan, sebab banyak produk perawatan wajah yang malah menimbulkan dampak negatif pada kulit sensitif. Biasanya, kulit akan terlihat memerah, berjerawat, bahkan mengalami iritasi.

    Perawatan :
    • Jangan menggunakan pembersih wajah yang mengandung zat eksfoliasi. Jika kulit berminyak, gunakan pembersih yang mengandung salicylic acid untuk membuka sumbatan pori.
    • Coba gunakan produk yang mengandung herba alami, seperti chamomile dan aloe vera, yang berfungsi sebagai anti-iritasi.
    • Hindari menggunakan penyegar wajah yang mengandung alkohol, karena sangat reaktif terhadap kulit sensitif. Sebaiknya pilih penyegar yang mengandung lavender atau witch hazel.
    • Pilih tabir surya yang mengandung zinc atau titanium diokside, karena dapat mencegah iritasi pada kulit wajah akibat paparan sinar matahari.
    • Bersihkan make up dengan pembersih lembut yang tidak mengandung sabun (soap free) dan lembut (mild).
    • Bila kulit sedang iritasi, saat membersihkan wajah gunakan air dan make up remover wipes berbentuk tisu. Hindari waslap karena terlalu keras. Jangan gunakan air dingin atau air hangat karena suhu ekstrem dapat mengiritasi kulit secara cepat. Gunakan air bersuhu normal
    Pemilihan produk make up : Hati-hatilah menggunakan produk make up.Hanya gunakan produk - produk yang sudah teruji secara klinis (biasanya tertulis : dermatologically tested)

    source : dari berbagai sumber

    1 komentar:

    1. bisa kasi saran gak produuk apa ni kira2 untuk kulit sensitif

      BalasHapus