Selasa, 16 Juli 2013

My Skincare Routine Part 2 ~


Hey everyone.. it's soojung.. ^^
Maaf kali ini gw lebih suka pakai b.indonesia.. biar lebih cepat dan gw bisa tulis tentang hal lain.. 
Last time,gw udah ngomongin tentang kondisi kulit gw dan gimana morning skincare routine gw. Kali ini giliran night skincare routine. Secara umum di malam hari gw pakai lebih banyak produk dibanding pagi hari. Kenapa? karena di malam hari kulit kita beregenerasi dan akan menyerap skincare dengan lebih baik,dan yang paling penting buat gw yg kulit kombinasi cenderung oily adalah di malam hari gw ga usah takut tentang berminyak. 
Sebelum gw lupa..kemarin salah satu customer gw tanya tentang urutan pemakaian skincare yang benar dan bagaimana kalau salah satu step dilewat atau diganti dengan produk lain. Apakah boleh dan berpengaruh sama keseluruhan skincare routine? Well,dalam skincare routine kita masing-masing ga ada kata boleh atau tidak boleh. Yang ada adalah lebih baik dan lebih baik tidak. Masing-masing kita punya jenis kulit yang berbeda dan keadaan cuaca yang berubah-ubah,1 urutan skincare umum tidak bisa jadi patokan absolut tentang bagaimana kita melakukan skincare routine. Urutan  yang sudah ada di masyarakat atau yang sudah ditentukan oleh suatu merk merupakan sebuah saran yang dibuat untuk mencapai tingkat penyerapan skincare yang lebih baik,dan umumnya itu merupakan 1 line produk. Contohnya line produk green tea innisfree, mereka memulai urutan skincare dengan serum terlebih dahulu sebelum skin/toner. Mungkin karena the green tea seed serum adalah first essence untuk mempertahankan tingkat kelembapan yang ada di kulit kita jadi dipakai setelah cleansing. Bertekstur seperti air namun dengan kapasitas moisture 5x lipat. 



Lalu apakah cream yang dipakai untuk night skincare routine bisa diganti sleeping pack? Tentu boleh. Namun pemakaian sleeping pack dianjurkan hanya 2-3x seminggu. Jadi diselang-seling saja dengan cream. ^^
Dari sekian banyak skincare tersebut apa kita harus pakai semuanya? Menurut gw sih ngga ya. Tergantung jenis kulit masing-masing dan keadaan kulit kita setiap harinya. Misalnya : Kulit lagi gampang kering karena bekerja di ruangan berAC terus,tentu harus pakai moisturizer yang mempertahankan kelembaban kulit seharian atau membawa mist moist untuk melembabkan kulit saat mulai kering. Kebalikannya,kulit sedang gampang berminyak karena udara panas,produksi sebum meningkat. Pakailah skincare yang ringan dan yang menahan sebum memproduksi minyak berlebih. Atau kalau misalnya kulit sedang berjerawat dan cenderung sensitif,pakailah skincare yang ringan dan tidak banyak mengandung bahan yang menyebabkan iritasi. Jadi pintar-pintarlah berkaca dan menganalisa keadaan kulit. Terlalu banyak produk juga tidak baik untuk kulit kita,terutama pori2. Sama seperti kita makan,kalau terlalu banyak yang ada jadi menambah penyakit. ^^

Back to the main topic. My night skincare routine. ^^

Disini gw ga akan upload foto produknya karena kebanyakan sudah pernah dibahas disini.. hohohoho

1. Cleansing
Sehabis seharian kuliah biasanya gw bakal bersihin muka pakai wet tissue dari Softies (suka yang green tea atau lemon). Wet tissue softies ini enak banget dipakai. Bikin muka bersih dan segar,apalagi yang lemon..muka langsung berasa lebih cerah. hohoho..Alcohol Free. Tapi memang kalau untuk eye make up lebih baik pakai eye & lip make up remover. U/ eye & lip make up remover biasanya gw pakai toner 9 in 1 the face shop atau neutrogena deep clean. Cuma yang neutrogena itu gw ga tahan sama berminyaknya. :(
Setelah make up dibersihin,seperti biasa cuci muka pakai cleansing foam. Cleansing Foam yang dipakai u/ malam biasanya ganti-ganti,bisa yang Holika Holika The King of Bean/ Etude AC Clinic Daily foam cleanser klo lagi berjerawat/ Etude Baking Powder Cleansing Foam Moist kalo lagi berasa muka kering.

2. Masker
Masker yang belakangan sering dipake :
- Etude House I need you aloe mask/ The Face Shop Nature Aloe Mask. --> aaaa.. semua masker yang berbahan dasar aloe memang cocok banget di muka gw. Muka langsung berasa supple,fresh dan sehat. Efeknya bertahan sampai 2 hari. Untuk masker lembaran seperti ini biasanya gw pake setelah toner karena ga perlu cuci muka lagi.
- Innisfree Capsule Pack - Jejubija & Tea Tree
Masker ini bertipe wash off jadi harus cumuk lagi. Masker ini gw pake kalo lagi muncul banyak jerawat. Cukup efektif menyusutkan ukuran si jerawat. :D
- Masker Bengkoang Mustika Ratu
Masker ini ampuh kalo muka lagi super kusam. Langsung berasa efek mencerahkannya dan sekaligus peeling sel-sel kulit mati. Dan kadang-kadang bisa mengeringkan jerawat yang baru muncul. Murah meriah & efektif. Love it.. ^^
- MBD Apple polyphenol
Sudah habis dan gw udah pernah review sebelumnya. Efekif banget ngecilin pori-pori. :)
- Beauty Mask Collagen Firming.
Kalo lagi males beli masker mask sheet korea,ini masker yang bisa dibeli di supermarket2 terdekat. Selain gampang dicari,masker ini lumayan bagus untuk melembabkan kulit yang sedang kering. Walaupun lebih lengket dari mask sheet etude.

Di hari biasa,gw cuma pakai aloe vera + cotton pad. :D
Akhir minggu,setelah cleansing biasa gw facial sendiri untuk ngebersihin komedo dan peeling sel-sel kulit mati. Langkah2 peeling + bersihin komedo :
- Steam wajah dengan uap air panas. Cukup masukan air panas di baskom & tempatkan muka kira2 20cm dari permukaan air. Buat ruang tertutup dengan handuk.Lakukan 2-3 menit. Pori2 akan terbuka dengan indah.
- Waktunya peeling. Gw masih pakai tony moly appletox peeling massage cream. Aplikasikan ke seluruh wajah,tunggu 30 detik dan mulai pijat wajah dengan lembut. Lakukan pijatan kira2 3 menit dan bilas dengan air hangat/bersihkan dengan handuk hangat. Kegiatan peeling ini bisa dilakukan dengan peeling DIY buatan kita sendiri,yaitu dengan brown sugar + yoghurt atau dengan susu hangat. Susu hangat dipakai kalau kulit sensitif dan mudah berjerawat. Lakukan peeling juga di daerah bibir yang pecah2 menggunakan gula + madu.
- Setelah peeling,biasanya gw steam wajah lagi sebentar,khususnya daerah hidung untuk persiapan pembersihan komedo.Pembersihan komedo pertama : Nose pack. (Biore Nose Pack japanese fragrance). Setelah nose pack baru gw mulai operase pengeluaran komedo bandel yang ga bisa keangkat dengan nose pack. Pakai ekstraktor komedo dan jerawat yang sudah direndam air panas untuk mensterilkan dari bakteri. Pencet perlahan dan angkat kotorannya. Selalu celupkan lagi ke air panas setelah mengangkat kotoran.
- Setelah operasi selesai. Aplikasikan Toner untuk mengecilkan lagi pori-pori. atau dengan air dingin.
- Karena hidung pasti memerah setelah dipencet maka gw pakai lagi masker DIY aloe + cotton pad gw di daerah hidung. Diamkan 15 menit.
- Lanjut ke skincare routine berikutnya. ^^


3. Toner
Toner yang dipake untuk malam masih sama seperti pagi. The Face Shop 9 in 1 Solution Toner. (ps: masih ada alcoholnya jadi buat yang gampang alergi,please stay away from this product). Toner ini gw tuangin ke kapas tipis etude dan disapukan ke seluruh bagian muka mengikuti struktur wajah. Toner ini akan mengembalikan ph kulit kita dan menghilangkan rasa kering setelah cuci muka + membersihkan sisa2 kotoran yang tidak terangkat cleansing foam.

4. Serum
U/ serum gw masih pakai yang tomato whitening serum.

5. Emulsion
Emulsion masih sama dengan pagi hari yaitu Moistfull Collagen emulsion dari etude.

6. Eye Cream
Eye cream yang gw pakai adalah Wrinkle Stop Eye Cream dari the face shop,udah pernah direview sama daisy. Eye cream ini bagus untuk menghilangkan kerutan dan garis-garis halus di sekitar daerah mata. Dan belakangan gw pakai di daerah mulut untuk menghilangkan garis senyum. Oh ya,satu lagi tips yang gw dapet dari Beautiful Days Son Dam Bi. Eye Cream bisa dicampur dengan bb cream atau cc cream untuk mendapatkan make up yang mempermuda penampilan wajah. Eye cream akan membantu mengisi garis2 halus dan pori2 jadi wajah lebih terlihat halus dan muda. ^^

Karena kulit gw kombinasi berminyak jadi gw lebih sering berhenti di step eye cream,ga pakai cream lagi. Tapi kalau kulit tiba2 kering gw pakai sample2 cream kaya grapeseed cream skinfood/ moistfull flower cream dari etude.

Sekian tentang skincare rutin gw. Gw harap kalian suka dan tips2 nya dapat membantu kalian dalam merawat kulit. Kalau ada pertanyaan,kritik dan saran bisa langsung comment. ^^

- Soojung -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar